A.
Pemanfaatan
ICT dalam pembelajaran matematika
Kita sudah sering mendengar definis dari ICT, seperti
yang kita ketahui ICT (Information Communication and Technology)
adalah sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk
mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan
data menjadi sebuah informasi. Pemahaman yang lebih umum istilah tersebut
mengarah pada perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi/multimedia
(dalam berbagai bentuknya), yang telah memiliki berbagai kemampuan sebagai pengolah
data/informasi, alat kontrol, alat komunikasi, media pendidikan, hiburan dan
lainya. Dari definisi ICT dan teknologi kunci dalam Domain TI jelas sekali
bahwa teknologi informasi tidak bisa dilepaskan dengan teknologi komputer dan
telekomunikasi.
Pembelajaran
menggunakan ICT dapat membantu siswa untuk dapat mengakses, memilih dan
menginterpretasikan informasi; mengenali pola, hubungan dan perilaku; evaluasi
secara cepat dan akurat sehingga anak bisa langsung memperbaikinya;
meningkatkan efisiensi; menjadi kreatif dan mengambil risiko; memperoleh
kepercayaan diri dan kemandirian tetapi dalam melakukan hal itu anak usia dini
masih perlu bimbingan serta pengawasan orang tua yang ketat.
Disamping itu Guru dan
orang tua harus memilih atau membuat
tugas-tugas dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan tampilan gambar
yang menarik, bervariasi, merangsang rasa ingin tahu. Guru juga dapat
menggunakan media lainnya seperti kalkulator, papan tulis interaktif dan alat
bantu audiovisual lainnya, bersama-sama dengan berbagai paket perangkat lunak.
Internet juga dapat digunakan untuk merancang tugas-tugas belajar yang efektif,
seperti simulasi problem-solving. Dengan menggunakan ICT juga dapat merangsang
seluruh kegiatan kelas dan dapat mempengaruhi cara guru dalam mengajarkan topic
tertentu, seperti dalam mengenalkan konsep matematika..Meskipun menggunakan ICT
tetapi peralatan tulis menulis tetap digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar